Terungkap Penyebab Sebenarnya Meledaknya Samsung Galaxy Note 7

Laporan Penyebab Meledaknya Samsung Galaxy Note 7 – Samsung akhirnya menemukan penyebab utama kenapa Phablet Samsung Galaxy Note 7 meledak. Sejak diperkenalkan 2 Agustus 2016 dan secara resmi diluncurkan ke publik 19 Agustus 2016, Samsung Galaxy Note 7 yang diharapkan untuk mendongkrak penjualan dan image Samsung sebagai produsen Smartphone utama dunia akhirnya menjadi bumerang.

Samsung Galaxy Note 7 Varian Warna
Samsung Galaxy Note 7 Varian Warna

Baca juga : Review Samsung Galaxy Note 7

Di tengah tingginya permintaan Samsung Galaxy Note 7 bahkan hingga memecahkan rekor penjualan pre order di negaranya sendiri Korea Selatan yang mencapai 400.000 unit serta 2.5 juta unit di seluruh dunia, Samsung harus dihadapkan kasus meledaknya “baterai” Samsung Galaxy Note 7. Pihak Samsung dengan cepat melakukan antisipasi dengan melakukan recall terhadap Galaxy Note 7 yang sudah telanjur beredar di pasar disertai dengan program penukaran produk Samsung serta kompensasi voucher diskon produk.

Baca juga : Recall Samsung Galaxy Note 7 di seluruh dunia

Program penukaran Samsung Galaxy Note 7 bisa dibilang tidak berhasil dikarenakan masih terdapat sejumlah kasus meledaknya Samsung Galaxy Note 7 di bulan Oktober walaupun telah dilakukan penggantian baterai untuk produk type Samsung Galaxy Note 7 yang meledak.

Samsung Galaxy Note 7 Terbakar karena Masalah Baterai
Samsung Galaxy Note 7 Terbakar karena Masalah Baterai

Sejak diumumkannya penarikan dan penghentian Samsung Galaxy Note 7, Samsung berjanji untuk melakukan investigasi atas meledaknya baterai Samsung Galaxy Note 7 dan akan mengungkapkannya ke publik sebelum akhir tahun ini. Menurut laporan yang kami kutip dari sammobile Samsung telah menyelesaikan penyelidikan atas kasus meledaknya Samsung Galaxy Note 7 dan mengetahui alasan yang menyebabkan terbakarnya phablet Samsung tersebut.

Berdasarkan laporan tersebut, Samsung telah menyelesaikan investigasi internalnya dan sudah mengirimkan laporannya ke Laboratorium Pengujian Korea dan Organisasi Keselamatan UL Amerika. Laporan tersebut belum secara resmi dipublikasikan namun apabila penyelidikan tersebut sudah memiliki kesimpulan akhir maka tak membutuhkan waktu lama untuk dirilis ke publik.

Baca juga : Samsung Galaxy S8 Ponsel dual Speaker pertama dari Samsung

Saat pertama kali Samsung melakukan penarikan Samsung Galaxy Note 7 beberapa minggu setelah dirilis, Samsung mengatakan kesalahan meledaknya Samsung Galaxy Note 7 ada pada “sel baterai yang rusak” dan Samsung menyalahkan pemasok baterainya. Demi menyakinkan pelanggan, Samsung melakukan penggantian pemasok baterai Galaxy Note 7 dan melakukan penggantian unit dengan baterai yang berbeda. Namun kembali Samsung harus kecewa karena masih terjadi beberapa kasus meledaknya Samsung Galaxy Note 7.

Insiden meledaknya Samsung Galaxy Note 7 memaksa Samsung untuk mengakhiri penjualan Samsung Galaxy Note 7 di seluruh dunia. Samsung kehilangan momentum untuk mengalahkan pesaingnya Apple dan harus menelan kerugian hingga mencapai setidaknya US$5,4 miliar atau sekitar Rp70 triliun.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *