Spesifikasi dan Harga Meizu Pro 6 Plus Ponsel Android dengan Desain Terbaik

Meizu Pro 6 Plus – Ponsel terbaru Meizu yaitu Meizu Pro 6 Plus yang merupkan ponsel dengan desain tampilan paling menawan hingga saat ini. Sebagai salah satu seri dari Meizu Pro, Meizu Pro 6 Plus dibekali dengan spesifikasi hardware berkualitas premium. Karena itu tidak heran pabrikan dari nigeri China memberikan harga Meizu Pro 6 Plus dengan harga tinggi.

Kabarnya Chipset Meizu Pro 6 Plus menggunakan prosessor chipset Exynos 8890 dari Samsung. Sebagai informasi chipset Exynos 8890 Samsung merupakan chipset pada Samsung Galaxy S7 karena itu ponsel terbaru Meizu ini masuk kategori flagship. Dengan mengusung nama Plus bisa diartikan Seri Meizu terbaru merupakan versi upgrade dari Meizu Pro 6 maupun Meizu Pro 6S.

Baca : Tanggal Rilis Nokia 8

Simak Ulasan Spesifikasi Lengkap Meizu Pro 6 Plus dari sisi kelebihan maupun kekurangan berikut ini :

Desain dan Tampilan Meizu Pro 6 Plus

Apabila membahas desain dan tampilan Meizu Pro 6 Plus bisa dikatakan bahwa desainnya merupakan salah satu ponsel terbaik pada tahun 2016. Merujuk pada hal itu, nilai lebih pro 6 Plus adalah pada sisi desain dan tampilannya dan itu diakui oleh Meizu sendiri.

Meizu Pro 6 Plus
Meizu Pro 6 Plus

Mengusung dimensi layar 155,6 x 77,3 x 7,3 mm dan terbilang dalam phablet tetapi Meizu Pro 6 Plus lumayan mudah untuk digenggam karena tidak terlalu besar atau kecil. Pada dasarnya ukuran layar Meizu Pro 6 Plus merupakan ukuran standar phablet pada umumnya berkisar 5,5 inci. Dengan berat hanya 158 gram dan menggunakan kasing bahan metal premium membuat kesan menawan dan fashionable melekat pada ponsel ini.

Tampak Depan Layar Meizu Pro 6 Plus
Tampak Depan Layar Meizu Pro 6 Plus

Meizu Pro 6 Plus memberikan kesan premium dan dengan tagline “soft as silk, hard as Diamond” saat dipakai untuk penggunaan game dengan grafis berat seperti GTA San Andreas, Asphalt 8 tidak terasa panas sama sekali. Hal itu dimungkinkan karena Meizu Pro 6 Plus dibekali dengan pelapisan kristal keramik pada lubang pembuangan udara panas terletak pada bagian bawah ponsel.

Body Meizu Pro 6 Plus
Bahan dari Body Meizu Pro 6 Plus memakai logam Murni dipadukan dengan desain fashionable

Seperti kami katakan sebelumnya desain Meizu Pro 6 Plus menawan dikarenakan memadukan logam premuim untuk bodynya, desain 3D sandblasting unibody. Dengan kata lain Meizu ingin memperkenalkan Meizu 6 Pro Plus dengan gaya baru, Meizu mendesain ini dengan sudut dan lengkungan yang pas serta perpaduan logam murni membuatnya semakin indah dan elegan.

Terdapat perbedaan pada tombol mTouch dimana terdapat perpaduan antara fitur tombol homescreen dengan fitur finger scanner. Sementara itu tidak ada perubahan pada susunan tempat untuk lubang speaker suara, notifikasi LED, dan front shooter.

Perbedaan yang mencolok dengan saudaranya Meizu Pro 6 pada sisi body bagian belakang dimana benar – benar polos, dengan logo produsen ini sedikit ke atas. Bagian tepi Bodynya dikenal dengan CD line Kamera dan ring flash, sepertinya hanya Meizu adalah satu-satunya yang menampilkan dua layout tersebut.

Singkatnya desain Meizu Pro 6 Plus sangat pas, seimbang dan memiliki sentuhan akhir bagus.

Tampak Belakang Desain Meizu Pro 6 Plus
Tampak Belakang Desain Meizu Pro 6 Plus

Spesifikasi Meizu PRO 6 Plus

Kami belum pernah menjumpai ponsel Meizu menggunakan prosessor dari Qualcomm. Kami hanya tahu Meizu selalu setia memakai prosessor Mediatek ataupun Samsung dengan Samsung SoC. Meskipun begitu bukan berarti performa Meizu PRO 6 Plus rendah, seperti kami sebutkan diawal sebagai ponsel flagship Meizu Pro 6 Plus dibekali dengan hardware yang mumpuni.

Hardware Meizu Pro 6 Plus

Sebagai otak dari pemrosesan data, Chip Samsung Exynos 8890 ditempatkan bersama dengan Mali T-880 di Meizu Pro 6 Plus. Di awal sudah kami sampaikan, Meizu merupakan satu – satunya ponsel di luar Samsung Galaxy S7 yang memakai prosessor tersebut.

Ada sedikit perbedaan kecil antara chip prosessor  versi standar dan edisi yang lebih tinggi. Terlepas dari kesenjangan penyimpanan, kami juga menyadari adanya perubahan kecil dalam frekuensi prosesor. Quad-core Cortex-A53 tetap sama, tetapi disesuaikan quad-core clock untuk masing-masing 2.0GHz dan 2.3GHz dalam standar dan versi yang lebih tinggi. Bahkan GPU, penyimpanan, dan RAM yang dimodifikasi untuk Arm Mali-T880 MP12 (650 MHz), UFS 2.0 dan LPDDR4 dalam versi yang lebih tinggi.

Ketika dikombinasikan dengan RAM 4GB dan memori penyimpanan 64GB (tidak support microSD), Hardware Meizu menghasilkan sekitar 110.000 poin (112.045). Hal ini cukup layak untuk Samsung Exynos 8890 SoC. Kami bandingkan benchmark versi yang lebih tinggi, dan hasilnya menakjubkan. Berbeda dengan versi standar, varian ini menghasilkan sekitar 125.000 poin. Peningkatan prosesor, GPU, RAM, dan penyimpanan bekerja dengan baik, tetapi banyaknya kesenjangan tersebut jelas mengejutkan. Tentu saja, kapasitas RAM yang lebih besarakan menghasilkan nilai yang lebih baik.

Layar dan display Meizu Pro 6 Plus

Layar Meizu 6 PRO Plus dengan User Interface dari Flyme
Layar Meizu 6 PRO Plus dengan User Interface dari Flyme

Semakin banyaknya ponsel yang memiliki layar kualitas 2K, support teknologi Virtual Reality membuat layar dan display Meizu Pro 6 Plus tidak kalah hebat dengan kompetitornya. Meizu Pro 6 Plus dilengkapi dengan layar ukuran 5,7 Inci, Super AMOLED, display 2K dengan kerapatan 551ppi. Ini tentu saja terdapat peningkatan dari saudaranya Meizu Pro 6 dan Pro 6S yang hanya mengusung ukuran Full-HD display.

Pada umumnya layar dengan display 2K lebih boros konsumsi baterai dibandingkan dengan layar Full-HD, namun hal tersebut tidak kami jumpai pada Meizu Pro 6 Plus. Saat ditest dengan memainkan game 3D selama setengah jam, menonton video streaming setengah jam, dan dijalankan untuk mengakses social media selama satu jam. Hasilnya hanya mengurangi konsumsi baterai sebesar  8%, 4% dan 3%. Jadi jelas, baterai Meizu Pro 6 Plus lebih awet.

Kamera Meizu Pro 6 Plus

Sejak pertama kali dikeluarkannya ponsel berkamera, faktor “megapiksel” selalu menjadi acuan dari jepretan kamera ponsel yang dihasilkan namun sepertinya era megapiksel sudah mulai ditinggalkan. Sekarang masanya sensor kamera oleh karena itu Sensor kamera Meizu Pro 6 Plus dibekali dengan hanya 12 MP dengan sensor Sony IMX386 Exmor RS dengan aperture f/2.0,

Hasil Jepretan Kamera Meizu Pro 6 Plus baik siang maupun malam hari menghasilkan gambar yang bagus. Detail banyangan maupun perpaduan warnanya juga pas. Kekurangan dari Kamera Meizu Pro 6 Plus adalah tidak adanya fitur Slow motion. Kamera depan hanya dibekali dengan kapsitas 5MP selain itu bisa kami sampaikan bahwa kamera Meizu Pro 6 Plus merupkan salah satu kamera ponsel terbaik saat ini.

Fitur Meizu Pro 6 Plus

Ada banyak fitur andalan disematkan pada Pro 6 Plus, diantaranya adalah kehadiran 3D Touch, Support fitur NFC da sensor keamanan seperti fingerprint, sensor denyut jantung, compas, Accelerometer, Gyroscope, Light sensor,dan Proximity. Selain itu slot Simcard Meizu Pro 6 Plus sudah support fitur dual Simcard, dilengkapi dengan konektivitas 4G LTE serta support VoLTE. Mendukung transfer data teknologi USB v3.1, type C1.0

Jaringan teThe connectivity aspects include Dual SIM, 4G LTE, and VoLTE support. Plus, we have the advanced USB v3.1, Type-C 1.0 reversible connector.

System Operasi Meizu Pro 6 Plus

Tampilan antar muka (user interface) Meizu Pro 6 Plus memaka Flyme 6.0 dan berjalan pada android 7.0 Nougat. Sudah dikenal bahwa UI Flyme merupakan salah satu yang terbaik yang berjalan di operating system android. Pihak Meizu mengklaim bahwa UI Flyme meningkatkan efisiensi kinerja hingga 10% dan memang benar, UI Flyme dapat berjalan lancar dan stabil pada android.

Baterai Meizu Pro 6 Plus

Review Benchmark Meizu PRO 6 Plus
Review Benchmark Meizu PRO 6 Plus

Baterai Meizu Pro 6 Plus memakai baterai yang diklaim mampu menyediakan waktu charging hingga 900 kali charging atau dengan kata lain 2 kali lebih lama daripada baterai ponsel umumnya.  Selain itu juga memakai data line baru sehingga mampu memberika perlindungan terhadap temperatur dan proteksi terhadap arus pendek

Meizu PRO 6 Plus support mCharge fast charger, memungkinan pengisian daya baterai lebih cepat. mobile phone charger adalah standar yang dipakai pada  PRO 6 and PRO 6s dengan arus 5V3A, 8V3A, dan 12V2A dengan daya maksimum hingga 24w.

Meizu Pro 6 Plus juga mendukung fitur battery saving mode yang dapat menghemat baterai dengan penggunaan hingga 10 jam 31 menit dari posisi baterai 100% hingga 20% dengan kecerahan 100% selain itu dengan dukungan fitur mCharge atau fast charging membuat proses pengisian daya jauh lebih cepat.

HARGA Meizu Pro 6 Plus

Sebagai salah satu ponsel flagship, Harga Meizu Pro 6 Plus terbilang jauh lebih rendah dibandingkan dengan ponsel sejenis dikelasnya. Meizu memasang harga $479.99 untuk ponsel terbarunya dan bisa diperoleh disalah satu onlinestore di china melalui situs AliExpress. Terdapat 3 pilihan warna Meizu Pro 6 Plus yaitu emas, silver dan abu – abu.

Spesifikasi Meizu Pro 6 Plus
Dual SIMYes
KonektivitasWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band
Bluetooth v4.1, A2DP, LE
USB v3.1, Type-C 1.0 reversible connector
KameraBelakang: 12 MP, f/2.0, OIS (4-axis), phase detection & laser autofocus, ten-LED (dual tone) flash
CoresOcta-core (4×2.0 GHz Mongoose & 4×1.5 GHz Cortex-A53) – 64 GB version
Octa-core (4×2.3 GHz Mongoose & 4×1.6 GHz Cortex-A53) – 128 GB version
BateraiNon-removable Li-Ion 3400 mAh battery
Bahan ModyMetal
GPUMali-T880 MP10 – 64 GB version
Mali-T880 MP12 – 128 GB version
WarnaGold, Silver, Gray
SensorsFingerprint, accelerometer, gyro, proximity, compass, heart rate
SoCExynos 8890 Octa
OSAndroid 7.0 (Flyme 6)
ROM64/128 GB, no memory expansion
Layar5.7-inch, 2.5D, Super AMOLED, 3D Touch
RAM4GB
Display2K, 1440 x 2560 pixels (~515 ppi pixel density)
Jaringan2G bands: GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 – SIM 1 & SIM 2
3G bands: HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100?
CDMA2000 1xEV-DO & TD-SCDMA
4G bands: LTE band 1(2100), 3(1800), 7(2600), 38(2600), 39(1900), 40(2300), 41(2500)
Berat158 g
Dimensions155.6 x 77.3 x 7.3 mm

Kelebihan dan Kekurangan Meizu Pro 6 Plus

Tak lengkap apabila kami meberikan review Meizu Pro 6 Plus tanpa memberikan kelebihan dan kekurangannya. Kami rangkum di bawah ini :

Kelebihan

  • Desain menawan dengan bahan metal premium
  • Layar resolusi 2K kepadatan 551 ppi
  • Support teknologi Virtual Reality
  • Kamera bagus dengan fitur 10 LED ring flash
  • Sensor Sony IMX386 Exmor RS dengan aperture f/2.0
  • Fitur keamanan finger scanner
  • Audio HiFi dedicated sound

Kekurangan Meizu Pro 6 Plus

  • Tidak tersedia memory eksternal microSD
  • Harga yang cukup mahal
  • Tidak adanya fitur slow motion video recording

Kesimpulan

Jika anda menginginkan ponsel premium dengan desain menawan dan harga yang lebih murah kami sarankan Meizu Pro 6 Plus. Selain sisi desain, hardware maupun software dan fitur, Meizu Pro 6 Plus juga terbilang memiliki kualitas hight-end. Kamera Belakang Meizu Pro 6 Plus salah satu kamera ponsel terbaik saat ini. Pemrosesan data meskipun menggunakan chipset Samsung Exynos 8890 dan bukannya Qualcomm Snapdragon 821 tetapi dengan OS android 7.0 dengan UI Flyme membuat kinerja Meizu Pro 6 Plus terbilang lancar dan nyaman.

Kunjungi Techkhalifa.com untuk ulasan Ponsel terbaru lainnya. Simak pula Review Harga HP Android Terbaru di Techkhalifa.com

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *