Spesifikasi dan Harga Meizu M5 Ulasan Lengkap 2017

Spesifikasi dan harga Meizu M5 – Meizu memang menghadirkan ponsel Meizu M5 pada Oktober 2016 lalu, ponsel tersebut memiliki ukuran 5,2 inci dengan tepian melengkung 2.5D. Resolusi layar yang dibawa Meizu 1280 x 720 dengan kerapatan 282ppi membuatnya mampu menghasilkan perpaduan kecerahan warna yang bagus. Sebagai ponsel mid-range dengan harga Meizu M5 dibawah Rp 2jutaan bisa dikatakan spesifikasi Meizu M5 terbilang gahar.

Software yang digunakan Meizu tidak berbeda jauh dengan saudaranya Meizu M5 Note memakai Android Marshmallow dengan kustomisasi OS Flyme UI. Menunjang olah data, prosessor M5 dibekali dengan CPU MediaTek MT6750 (64 bit) dengan octa-core prosessor clocked at 1.5GHz. Sebagai ponsel mid-range, harga Meizu M5 tidaklah mahal dan baterai M5 terbilang kualitas sedang yaitu memakai baterai 3,070 mAh. Kapasitas tersebut membuat pemakainya tak perlu khawatir kehabisan daya baterai saat melakukan aktifitas diluar.

Sektor kamera Meizu M5 dilengkapi dengan kamera beresolusi 5 megapiksel pada bagian depan untuk foto selfie. Sedangkan kamera utamanya masih mengusung resolusi kamera 13 megapikel dengan autofokus. Harga Meiu M5 memang murah dan apabila dibandingkan dengan lawannya semisal Asus Zenfone 3s Max maka harga M5 terbilang lebih kompetitif.

Harga Meizu M5
Meizu M5
SPESIFIKASI MEIZU M5
Harga Meizu M5Lihat Lengkap di bawah
Jaringan
TeknologiGSM / HSPA / LTE
2G bandsGSM 850 / 900 / 1800 / 1900 – SIM 1 & SIM 2
3G bandsHSDPA 900 / 1900 / 2100
4G bandsLTE
KecepatanHSPA, LTE
GPRSYes
EDGEYes
Peluncuran
Diumumkan2016, October
StatusTersedia Sejak November 2016
Body Meizu M5
Dimensi147.3 x 72.8 x 8.2 mm (5.80 x 2.87 x 0.32 in)
Berat138 g (4.87 oz)
SIMDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
Display
TipeIPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran5.2 inches (~69.5% screen-to-body ratio)
Resolusi Layar720 x 1280 pixels (~282 ppi pixel density)
MultitouchYes
Platform
OS– Flyme 5.2
Android OS, v6.0 (Marshmallow)
ChipsetMediatek MT6750
CPUOcta-core 1.5 GHz Cortex-A53
GPUMali-T860MP2
Memori / Penyimpanan
Card slotmicroSD, up to 256 GB (uses SIM 2 slot)
Internal16 GB, 2 GB RAM or 32 GB, 3 GB RAM
Kamera
Kamera Utama13 MP, f/2.2, phase detection autofocus, dual-LED (dual tone) flash, check quality
FiturGeo-tagging, touch focus, face detection
Video[email protected], check quality
Kamera Sekunder5 MP, f/2.0
Audio
NotifikasiVibration; MP3, WAV ringtones
LoudspeakerYes
3.5mm jackYes
Lain – lain
WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n, dual-band, hotspot
Bluetoothv4.0, A2DP, LE
GPSYes, with A-GPS, GLONASS
RadioNo
USBmicroUSB v2.0
Fitur
SensorFingerprint (front-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass
PerpesananSMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
BrowserHTML5
JavaNo
 – MP3/WAV/eAAC+/FLAC player
 – MP4/H.264 player
 – Document editor
 – Photo/video editor
Baterai
BateraiNon-removable 3070 mAh battery
Warna
WarnaMint Green, Glacier White, Champanage Gold, Sapphire Blue, Matte Black
Hasil Uji Test
PerformaBasemark OS II: 846 / Basemark X: 4767
DisplayContrast ratio: 1060:1 (nominal), 2.710 (sunlight)
KameraPhoto / Video
LoudspeakerVoice 63dB / Noise 69dB / Ring 82dB
Kualitas AudioNoise -93.3dB / Crosstalk -92.2dB
Battery lifeEndurance rating 76h
sumber gsmarena

Desain Meizu M5

Desain M5 mengusung bahan semi plastik sehingga membuatnya terasanya lebih hangat dibandingkan ponsel berbahan metal. Walaupun demikian tampilannya terbilang bagus dan saat dipegang tidak meninggalkan bekas jari pada body ponsel.

Varian Warna Meizu M5
Varian Warna Meizu M5

Produk Meizu satu ini memang terbilang terjangkau, harga Meizu M5 yang hanya dibawah Rp 2 jutaan membuatnya ramah dikantong. Walaupun berbahan plastik namun M5 memiliki body yang tipis yaitu hanya 8mm dan berbobot 138 gram saja. Layar ponsel Meizu M5 hanya sebesar 5.2 inci membuatnya nyaman digenggam dan ditaruh dikantong saat sedang bepergian.

Baca : Harga dan Spesifikasi Lenovo P2

Fitur Meizu M5 sudah mengusung sensor fingerprint sama seperti Meizu M5 Note saudaranya. Menurut kami, kekurangan pada Meizu M5 adalah pada Port USB yang masih memakai USB micro berbeda dengan kebanyakan ponsel yang sudah beralih ke USB type C.

Beberapa ponsel yang sudah memakai USB type C yang mendukung transfer file dan fast charging diantaranya adalah

  1. Samsung Galaxy A5
  2. Huawei Mate 9
  3. Oppo Find 9

Menjadi sesuatu yang menarik beberapa ponsel kelas menengah sudah menggunakan fitur fingerprint scanner. Kalau diperhatikan harga Meizu M5 terbilang masih terjangkau namun sudah terdapat fitur fingerprint scanner. Sistem hiburan Meizu M5 masih memakai lubang audio jack 3.5mm untuk perlengkapan headphone audionya.

Desain Tampak Belakang Meizu M5
Desain Tampak Belakang Meizu M5

Meizu meyediakan beberapa pilihan warna Meizu M5 diantaranya mint green, champagne, matte black, glacier white, dan blue sapphire. Sayangnya ketersediaan Meizu M5 belum menjangkau untuk pasar Indonesia. Tunggu update kami untuk info ponsel Meizu berikutnya.

Display

Beralih ke ulasan display Meizu M5, layar Meizu M5 menggunakan ukuran 5.2 inci dengan tipe layar IPS LCD dan beresolusi 720 x 1280 piksel. Beberapa kelemahan ponsel Meizu yang kami jumpai adalah kualitas layarnya yang masih kalah dibandingkan ponsel sejenis.

Meskipun terdapat fitur ambient light sensor namun kurang begitu bekerja mengatur kontras dan kecerahan pada ponsel Meizu M5.

Tatap Muka : OS Flyme UI

Sudah dikenal bahwa Meizu selalu membekali operating System andorid diponselnya dengan kustomisasi OS Flyme yang mengambil insiprasi dari iOS. Pada versi internasional Meizu M5 dibekali dengan OS android 6.0 Marshmallow dan OS Flyme UI.

Baterai Meizu M5 yang mampu bertahan seharian
Baterai Meizu M5 yang mampu bertahan seharian

Model Meizu M5 versi internasional masih belum terpasang Google Service yang tentunya bisa diinstal sendiri namun tentu saja sedikit merepotkan bagi yang tidak terbiasa. Meskipun begitu, kebanyakan ponsel dari China yang diimport dari distributor ke Indonesia sudah mendapatkan kustom ROM sebelum dilempar ke pasar.

Prosessor dan Memori

Memakai prosessor dari Mediatek MT6750 dengan CPU octa-core dan delapan cortex A53 membuat kinerja Meizu M5 tidak bisa dikatakan cepat seperti ponsel flagship. Ada jeda beberapa saat ketika membuka layar ponsel dan menjalankan aplikasi. Mungkin buat anda yang terbiasa memakai ponsel high end range harus sedikit bersabar kita menggunakan Meizu M5.

Dari sini bisa diketahui ponsel Meizu M5 tidak cocok untuk penggunaan Gaming selain proses pengolahan data yang lambat dan grafisnya juga kurang memuaskan. Sekali lagi dengan harga Meizu M5 yang murah dan terjangkau di kantong jangan harap mendapatkan smartphone kualitas tinggi.

User Interface atau antarmuka Meizu M5 memakai Os Flyme
User Interface atau antarmuka Meizu M5 memakai Os Flyme

Meizu menyediakan dua jenis Meizu M5 yaitu 16GB dan 32GB tentu saja ini tergantung memori internalnya. Tetapi apabila dirasa kurang bisa ditambahkan eksternal memori microSD card hingga 128GB.

Internet dan Konektivitas

Jaringan internet Meizu M5 sudah mendukung akses internet 4G LTE, setau kami jaringan tersebut sudah bisa digunakan pada negara eropa. Kami belum mendapatkan informasi apakah penjualan Meizu M5 juga masuk di pasar Indonesia. Secara default browser Meizu M5 menggunakan Google Crome namun saat diuji coba hasilnya mengecewakan. Beberapa kali masih terjadi lags sehingga tidak menjadi pilihan rekomendasi kami.

Selain akses 4G LTE, konektivitas Meizu M5 juga dilengkapi dengan dual-channel Wi-Fi a/b/g/n, akses transfer Bluetooth class 4.0, dukungan GPS dan Glonass. Sayangnya jaringan Meizu M5 tidak menyediakan dukungan fitur NFC sehingga tidak bisa melakukan pembayaran wireless via ponsel. Saat ini di Indonesia fitur payment (pembayaran) dengan NFC masih kurang populer jadi fitur tersebut kurang mendesak saat ini di Indonesia khususnya.

Hasil Bechmark Meizu M5
Hasil Bechmark Meizu M5

Kamera Meizu M5

Beralih ke sektor kamera, menurut pendapat kami kamera Meizu M5 terbilang lumayan bagus namun berbeda dengan kualitas video M5 yang terbilang “pas-pasan”. Dilengkapi 13 megapiksel kamera utama (belakang) dengan phase-detection auto focus, lampu flash LED dan aperture f/2.2 lens serta kamera depan 5 megapiksel yang dapat dipergunakan untuk berfoto selfie.

Baterai

Baterai Meizu tergolong lumayan meskipun masih kalah jauh dibandingkan dengan beberapa ponsel di bawah ini:

Alternatif ponsel berdaya baterai besar selain Meizu M5

  1. Lenovo P2 dengan daya baterai 5,100 mAh
  2. Meizu Pro 6 Plus dengan daya baterai 3,400 mAh
  3. Huawei Honor 6X dengan daya baterai 3,340 mAh
  4. Asus Zenfone 3s Max dengan daya baterai 5,000 mAh

Berdasarkan informasi resmi Meizu, daya tahan baterai M5 kami kira memang lumayan. Baterai Meizu M5 mampu bertahan 9 jam untuk penggunaan gaming, 5 jam memutar video, 37 jam untuk percakapan dalam jaringan 2G serta 66 jam untuk memutar musik. Bisa dikatakan harga Meizu M5 yang terbilang murah tersebut bisa sebandingkan dengan kemampuan yang dibawanya.

Kekurangan baterai Meizu M5 menurut kami adalah proses pengisian baterai yang terbilang lama hingga 3 jam dengan charger original Meizu M5 10 watt (5V pada 2amps). Seharusnya Meizu bisa menyediakan fitur fast charging seperti trend smartphone terbaru.

Kesimpulan

Meizu merupakan salah satu alternatif penyedia ponsel di segmen low and mid range. Harga Meizu M5 terbilang murah dan terjangkau dengan menyasar pasar India dan beberapa negara di Eropa. Kami belum tahu apakah Indonesia akan berkesempatan untuk menjadi pasar Meizu M5 selanjutnya.

Berdasarkan data yang kami peroleh dari phonearena harga Meizu M5 dapat diperoleh dengan harga $100 untuk versi 16GB sedangkan 32GB dijual dengan harga $130. Harga tersebut berlaku untuk di negara China. Tentu saja akan ada beberapa perbedaan harga untuk pasar di luar China seperti di Itali dan Spanyol Meizu M5 16GB dijual dengan harga 169 euros sedangkan 32Gb dijual 189 euros.

Berikut pendapat kami berdasarkan review, ulasan dan spesifikasi Meizu M5.

Kelebihan Meizu M5

  1. Harga Meizu M5 terjangkau dibawah Rp 2 jutaan
  2. Layar besar dengan 5.2 Inci
  3. Terdapat fitur keamanan fingerprint sensor
  4. Support jaringan 4G LTE
  5. Kamera utama 13 MP dan sekunder 5MP
  6. Baterai yang tahan lama

Kekurangan Meizu M5

  1. Masih terdapat lags saat menjalan aplikasi
  2. Proses baterai charging lama
  3. Tidak support fitur NFC

Itu tadi ulasan spesifikasi dan harga Meizu M5 lengkap. Silakan berkunjung lagi di Techkhalifa.com untuk mendapatkan update review gadget dan Harga HP Android Terbaru.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *