Review Huawei Mate 9 Jawara HP Android layar Besar

Harga Huawei Mate 9 – Huawei selalu menampilkan seri Huawei Mate dengan layar besar, kali ini menjadi jawara ponsel layar besar adalah Huawei Mate 9. Sama seperti pendahulunya, Mate 9 juga didesain modis dan telah mencuri banyak perhatian. Kehadiran Huawei Mate 9 telah banyak dinanti, rumor sebelum ini menyebutkan Kamera Huawei Mate 9 mengusung Dual Kamera support dengan 4 kali zooming.

Huawei Mate 9
Huawei Mate 9

Perkembangan pasar dunia selalu berubah, hal yang paling mengejutkan adalah kasus meledaknya samsung Galaxy Note 7. Kasus tersebut mengakibatkan Samsung harus tertinggal dari pesaingnya Apple dengan iPhone 7 Plus dan Google dengan Ponsel Google Pixel XL. Keduanya selain mengusung fitur high end juga dijual dengan harga mahal.

Kehadiran Huawei Mate 9 telah dinanti penggemar Huawei, kami penasaran dengan fitur yang diusung oleh Huawei. Kabarnya harga Huawei Mate 9 akan dijual pada kisaran harga £ 549 bila dirupiahkan berkisar antara Rp 8 hingga 9 jutaan. Membawa layar ukuran 5.9 inci dengan resolusi 1080p serta support dengan dual kamera serta dilengkapi software Huawei EMUI 5.0.

Berikut Spesifikasi Huawei Mate 9 yang telah kami rangkum.

Layar Huawei Mate 9
Layar Huawei Mate 9

Layar Huawei Mate 9

  • Layar 5.9-inch resolusi 1920 x 1080p
  • Dimensi 156.9 x 78.9 x 7.9mm metal body,
  • Berat 190g
  • Ketersediaan warna putih atau silver (black front)

Kesan pertama Huawei Mate 9 terlihat seperti pendahulunya Huawei Mate 8 pada bagian depan. Mengusung layar berukutan 5.9 inci yang berarti lebih kecil 0.1 inci dibanding Mate 8 jadi tidak mengherankan Mate 9 tidak terasa berbeda apabila digenggam.

Lenovo Vibe K5 Plus Ram 3 Gb Dukung Teknologi Virtual Reality Masuk Indonesia

Perbedaan Huawei Mate 9 dengan Huawei Mate 8

Perbedaan dasar anatar Huawei Mate 9 dengan Mate 8 terletak pada kameranya. Kamera Huawei Mate 9 mengusung dual kamera, yang pertama dilengkapi dengan sensor 12 MP sedangkan yang kedua mengusung sensor 20 MP dukungan dari Leica kedua sensor tersebut ditumpuk vertikal tunggal dan menonjol. Mendukung fitur optical image stabilisation unit, lampu flash dan laser auto fokus berada di samping.

Jadi, pada dasarnya Huawei Mate 9 adalah copyan dari Mate 8S dengan bahan dan body mengusung bahan dari metal dengan desain bagian belakang sedikit melengkung.

Baca : Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A8 Indonesia

Performa dan spesifikasi Huawei Mate 9

Hardware Huawei Mate 9

  • Prosessor chipset Kirin 960, octa-core (4x 2.4GHz, 4×1.8GHz)
  • Mali G71 MP8 GPU, Vulkan API
  • RAM 4GB
  • Memory Internal 64GB dapat diperluas dengan microSD

Spesifikasi Huawei Mate 9 mengusung prosessor kirin 960 yang dipercaya untuk pemrosesan data lebih baik dan cepat dengan octa-core (4x 2.4GHz, 4×1.8GHz). Mendukung dual SIM sama seperti kebanyakan ponsel berlayar besar lainnya dimana slot SIM Card kedua apabila tidak dipakai bisa untuk penggunaan microSD.

Mengusung fitur Finger Scanner yang terletak dibagian belakang dan bekerja sangat baik. Konektivitas jaringan Huawei Mate 9 support jaringan 4G LTE Cat 12 yang dapat berjalan dalam beberapa band sehingga membuat akses jaringan nirkabel berjalan cepat.

Body Melengkung Huawei Mate 9
Body Melengkung Huawei Mate 9

Dukungan Chipset dari Hisilocn Kirin 960 membuat pemrosesan data Huawei Mate 9 diklaim 180 persen lebih cepat dibandingkan saudaranya Mate 8. Selain itu Hisilicon Kirin 960 merupakan prosessor terbaru yang dibuat oleh Huawei.

Pengolahan Grafis Huawei Mate 9 tidak mengalami kendala saat diuji coba digunakan dalam permainan dengan resolusi besar seperti permainan Plants vs Zombies Heroes, Candy Crush Saga and beyond. Kebanyakan ponsel akan mengalami lagging saat dipergunakan dalam permainan yang membutuhkan multi tasking dan animasi yang bertingkat. Jadi bisa dikatakan Huawei Mate 9 merupakan ponsel kelas gaming.

Baca : Perbedaan antara Samsung Galaxy Note dengan Samsung Galaxy S7 dan Samsung Galaxy S7 Edge.

Huawei mengatakan Ponsel Huawei Mate 9 bekerja lebih cepat dalam cara berinteraksi dengan memori dan penyimpanan membuatnya lebih cepat dibandingkan dengan pesaingnya Apple Iphone 7 Plus.

Huawei Mate 9 Tatap Muka dengan EMUI 5.0
Huawei Mate 9 Tatap Muka dengan EMUI 5.0

Software Huawei Mate 9

  • Android 7.0 Nougat dengan EMUI 5.0 skin interface
  • Mendukung dual aplikasi dapat berjalan secara bersamaan seperti WhatsApp / Messenger
  • Knock Knock knuckle-based commands

System Operasi Huawei Mate 9 mendukung Abdroid 7.0 Nougat dengan user interface EMUI 5.0 di atasnya. Menariknya Mate 9 dikatakan bisa menggunakan dual aplikasi secara bersamaan seperti WhatsApp ataupun messeger. Sisi positifnya yang berarti aplikasi chat dapat digandakan, satu per SIM. Jadi jika Anda memiliki akun bisnis dan akun pribadi keduanya dapat berjalan secara bersamaan. Ia bekerja dengan baik. Dan sangat mudah untuk mematikan SIM kedua jika Anda tidak ingin bagian dari kehidupan Anda / bisnis aktif pada waktu tertentu.

Ukuran Huawei Mate 9 yang terbilang besar dengan adanya dual kamera masih belum diantisipasi oleh Huawei apabila kamera shutter secara tidak sengaja memotret. Selain itu masih terdapat kedala dalam penggunaan EMUI 5.0 dimana beberapa kali muncul notifikasi yang menggangu.

Lalu ada yang disebut Knock Knock, yang merupakan mekanisme kontrol berbasis buku jari Huawei untuk membuat, katakanlah, meraih layar dan rekaman audio, atau menulis di layar surat dengan buku jari Anda untuk cepat-meluncurkan sebuah aplikasi. Pada pandangan pertama, kembali (disebut kemudian Ascend) era P7, teknologi ini sangat mengerikan dan berjuang untuk mengenali pukulan. Ini datang jauh meskipun – dan sekarang, jika Anda ingat untuk menggunakannya, itu cukup praktis. Anda dapat mengaktifkan atau mematikan jika terlalu banyak untuk mengelola juga

Fitur Huawei Mate 9 ditambahkan beberapa aplikasi yang sangat membantu diantaranya ada aplikasi Huawei Health, berfungsi untuk memonitor gerak langkah kaki dan aktifitas fitnes isa dikatakan mirip seperti S Health pada Samsung. Fitur HiCare berfungsi untuk menghubungi layanan contact service Huawei apabila menglami kendala dengan perangkat Huawei Mate 9; HiGame, Sama seperti yang diterapkan Samsung untuk gaming apps; dan Todolist. Kami juga telah melihat berbagai fitur perangkat lunak pada Mate 9 Pro – Student Mode, dan Trustspace.

 Baterai Huawei Mate 9

Baterai Huawei Mate 9

  • Mampu bertahan hingga 16 jam untuk sekali pengisian baterai.

Salah satu fungsi EMUI 5.0 Huawei Mate 9 adalah untuk membagi penggunaan daya pada ponsel. Dengan adanya Software EMUI distribusi daya akan berjalan optimal. Izin aplikasi yang sangat menuntut secara default, membatasi segala macam peringatan dan pemberitahuan bahwa Anda mungkin ingin aktif. Dengan kata lain funsgi EMUI adalah untuk mengontrol baterai Huawei Mate 9. Satu hal yang pasti, kehadiran EMUI 5.0 memberikan tampilan lebih cerah, lebih putih, memberikan komposisi warna lebih kompleks. Meskipun beberapa kali mengeluarkan notifikais yang menggangu.

Beberapa penggunaan yang bisa menguras baterai Huawei Mate 9 diantaranya fitur NFC, prosessor Kirin terbaru selain membuat kinerja lebih cepat tetapi juga membuat body ponsel terasa cepat panas serta adanya fitur Dual Sim Card membuat ponsel bekerja lebih keras mencari jaringan operator sehingga membuat baterai cepat terkuras.

Kamera Huawei Mate 9
Hasil Kamera Huawei Mate 9

Kamera Huawei Mate 9

  • Twin 27mm f/2.2 equivalent Kamera Belakang
  • 12MP colour and 20MP monochrome sensors
  • Optical image stabilisation
  • 4K video (H.265 compression)

Ketika Huawei meluncurkan Huawei Mate P9 fitur utama yang diusung yaitu setup dual kamera – satu warna, satu monokrom – kerjasama dengan Leica. Hubungan itu terus berlanjut dengan Mate 9, tetapi pengaturan yang sedikit berbeda.

Kedua sensor di Mate 9 memakai resolusi yang berbeda: 12-MP full color satu dipasangkan dengan resolusi yang lebih tinggi 20-MP modul monokrom. Kedua lensa melalui 27mm, f / 2.2 lensa aperture, dan keduanya menawarkan optical image stabilization – maka terlihat benjolan belakang pada handset Huawei Mate 9.

Apa yang kami rasakan saat mencoba kamera Huawei Mate 9 adalah sebagian besar mencerminkan bagaimana menggunakan kamera P9: kami pikir sensor monokrom menyenangkan, tapi fitur yang jarang digunakan asli; kamera inti ditangani dengan sangat baik, dengan point-and-shoot, pilihan manual dan bahkan 4K video capture semua mencentang kotak; dan pilihan pengolahan pasca kadang-kadang dapat bekerja melawan apa andalannya ini tidak begitu baik pada tingkat inti.

Kesimpulan Huawei Mate 9

Hal yang kami nantikan adalah seberapa banyak perubahan yang terjadi di Huawei Mate 9 dibandingkan Mate 8. Namun hal tersebut tidak banyak mengalami perubahan. Perubahan yang kami lihat adalah pada  Huawei Mate 9 Pro dan Huawei special edition Huawei Porsche.

Hal mendasar yang kami rasakan antara Huawei Mate 9 dengan Mate 8 adalah pada sisi performa. Prosessor Huawei Mate 9 mengusung Chipset Kirin 960 membuat aplikasi ponsel berjalan lebih lancar dibanding Mate 8. Kapasitas Baterai masih dengan ukuran 4,000mAh, memang cukup besar namun dengan UI EMUI 5.0 membuat ponsel terasa kurang nyaman dengan munculnya beberapa notifikasi yang mengganggu.

Harga Huawei Mate 9 £549 atau Rp 8 jutaan membuat Huawei harus bersaing dengan Apple atau Google dengan Google Pixel XL. Meskipun dengan fitur Dual Kamera Mate 9 namun disamping itu Huawei juga mengeluarkan seri Huawei Mate 9 Pro dan Huawei Porsche. Jadi apakah harus memilih Huawei Mate 9, Mate 9 Pro atau seri Huawei Porsche.

sumber : pocket-lint

Silakan berkunjung lagi di Techkhalifa.com untuk Harga HP Android Terbaru.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *