Resmi Meluncur: Google Pixel, Ponsel Google Android Terbaik

Google akhirnya mengeluarkan ponsel terbaru mereka Google Pixel dan Google Pixel XL setelah beberapa lama ditunggu. Kali ini Google Pixel dan Pixel XL pembuatannya dipercayakan kepada pabrikan Smartphone Taiwan, HTC. Setelah beberapa lama memakai nama Nexus akhirnya dengan peluncuran Smartphone Google terbaru ini menandakan era baru Smartphone Google Pixel.

Google Pixel
Google Pixel

Google bertanggung jawab penuh terhadap spesifikasi dan desain dari Smartphone Google Pixel, dengan dibawah pengawasan secara langsung dari divisi Google terbaru Divisi hardware yang dibentuk tahun lalu. Hasilnya bisa terlihat dalam balutan ponsel Google Pixel maupun Pixel XL terlihat sebagai perpaduan kombinasi unik antara Hardware dan Software yang dimiliki oleh Apple yang diterapkan pada ponsel Android, Operating System ponsel terbesar dan terpopular di dunia saat ini.

google-pixel-02

Fitur Unggulan | Smartphone Google Pixel dan Google Pixel XL

  • Ponsel Google Android pertama yang memakai Google Assistant.
  • Terdapat apps Duo app (video call) dan Allo (perpesanan)
  • Kompatible dengan Google Daydream View
FiturPixelPixel XL
Ukuran5 Inci5,5 Inci
Warnavery silver dan quite blackvery silver dan quite black
Kamera12 MP12 MP
OSAndroid 7.1 (Nougat)Android 7.1 (Nougat)
Memory32GB atau 128GB dengan penyimpanan unlimited cloud photo storage32GB atau 128GB dengan penyimpanan unlimited cloud photo storage
Masa Aktif BateraiMampu bertahan hingga 7 jam untuk 15 menit chargingMampu bertahan hingga 7 jam untuk 15 menit charging
Harga£599 and £699£719 and £819

Google Pixel dan Pixel XL bisa dikatakan sebagai ponsel android terbaik hingga saat ini. Di klaim sebagai android paling bertenaga, paling kompak yang pernah dibuat, memiliki spesifikasi dan desain terbaik, dan untuk pertama kalinya Google sepertinya ingin menunjukkan kepada kita supaya segera membeli Smartphone Google yang satu ini. Berikut kami berikan review Google Pixel dan Pixel XL.

Desain dan Tampilan

Google Pixel memiliki ukuran 5 Inci sedangkan saudaranya Google Pixel XL berukuran 5,5 Inci dan saat ini tersedia 2 warna dengan nama “very silver dan quite black” sedangkan untuk market Amerika tersedia warna tambahan “really blue”. Meskipun menuai banyak pujian, Google Pixel dan Pixel XL mendapatkan beberapa kritikan diantaranya desain Google Pixel dan Pixel XL terlihat mirip seperti iphone, memang untuk sekilas terlihat mirip tapi apabila diperhatikan memang berbeda.

Desain Pixel terlihat lebih seperti bujur sangkar, dengan balutan curve disamping setiap sisinya dan bukannya membulat dan dengan tambahan tombol terletak di bagian bawah yang tertanam di layar dan penambahan fitur fingerprint di body ponsel bagian belakang rasanya seperti terlalu banyak tombol yang tidak perlu digunakan terutama pada bagian di bawah layar. Panel kaca dibelakang ponsel membuat kesan manis pada ponsel.

Memperhatikan hal tersebut, desain Google Pixel maupun Pixel XL terlihat masih kurang greget dibandingkan dengan usaha pabrikan Samsung dan Apple dengan iPhone nya dalam menciptakan smartphone terbaru mereka. Namun point tambahan yang bisa kami berikan kepada Google Pixel adalah ponsel ini terasa nyaman dan mudah untuk digunakan, tidak terkesan terlalu besar dibandingkan dengan Phablet sejenis dikelasnya. Terlepas dari ukurannya baik Google Pixel dan Pixel XL dua model tersebut terlihat sangat mirip.

Kamera

Fitur unggulan dari Google Pixel dan Pixel XL adalah terdapat pada sektor kameranya, berdasarkan dari uji DxOMark, Kamera Google Pixel dan Pixel XL merupakan kamera smartphone terbaik yang pernah diuji oleh mereka. Dengan “hanya” resolusi 12,3MP hasil jepretan kamera Google Pixel dan Pixel XL menjadikannya Smartphone kamera terbaik saat ini. Dengan demikian, Ponsel Google Pixel atau Pixel XL bisa menjadi pilihan terbaik bagi orang yang hobi fotografi. Perlu diketahui DxOMark adalah institusi yang mengukur kualitas sensor yang dipakai sebuah kamera digital. Mereka biasanya membuat kualifikasi untuk nilai keseluruhan (Overall), Portrait (dengan mengukur kedalaman warna), Landscape (dengan mengukur dynamic range) dan Sports (dengan mengukur performa ISO tinggi).

Pengambilan gambar dengan kamera Google Pixel bisa dilakukan dengan sangat cepat, dan hasil foto saat dilakukan pengambilan gambar secara demo terlihat bagus, mungkin terlalu dini untuk menilai secara keseluruhan hasil foto tersebut. Satu hal yang jelas, penggunaan kamera Google Pixel sangat mudah, cukup menekan tombol kunci dua kali dan fitur kamera pun sudah bisa diakses. Sedangkan untuk menukar mode kamera depan dan belakang cukup menjentikkan 2 kali dengan pergelangan tangan, kemudian akan segera berganti mode kamera depan ke belakang.

Salah satu kelebihan Google Pixel adalah tersedianya fitur unlimited foto yang terdapat pada Google Photos yang memungkinkan untuk menyimpan foto hasil jepretan kamera ke dalam sistem Cloud Google Photos sehingga sahabat tak perlu khawatir kehabisan ruang penyimpanan koleksi foto apalagi memori penyimpanan Internal Google Pixel yang mencapai 32GB, lumayan bukan.

Google Assistant dan Android Nougat

Bisa dikatakan bahwa Google Pixel dan Pixel XL merupakan ponsel android pertama yang menikmati fitur Google Assistant dan tentu saja system operating android Nougat, OS Android terbaru Google. Google Assistant merupakan software artificial intelligent (AI) terbaru Google atau bisa dikatakan Google Asisten adalah iterasi terbaru Google dari Asisten Virtual. Google Assistant dianggap upgrade atau perpanjangan Google Now – dirancang untuk menjadi pribadi – serta perluasan kontrol suara Google yang ada “Ok Google”. Google Assistant pertama kali diperkenalkan dalam gelaran Google I / O 2016 oleh Sundar Pichai, CEO Google yang didapuk sebagai pembicara utama. Dalam acara tersebut, Sundar Pichai melakukan demo  Google Assistant dan mengatakan dia ingin orang mengalami “yang sedang berlangsung dialog dua arah” dengan asisten virtual.

Google Assistant dapat diaktifkan dengan menekan agak lama tombol home atau hanya mengatakan “Ok Google” dan Google Assistant akan menjawab pertanyaan singkat kita seperti restoran terdekat, film yang tayang terbaru, kalendar, informasi dari Wikipedia dan lainnya. Sayangnya untuk sementara Google Assistant hanya mampu melayani perintah yang terdapat dalam service Google.

Seperti pendahulunya Google Nexus, Google Pixel merupakan ponsel yang paling ditunggu dari Google. Secara default Google Pixel dilengkapi dengan Apps Google Allo and Duo yang keduanya berjalan sangat baik. Aplikasi di Google Pixel tampilannya terlihat melingkar daripada kotak – kotak meskipun hanya untuk aplikasi bawaan dari Google. Jadi bisa terlihat tampilannya menu Apps nya akan terlihat sedikit berantakan.

Satu – satunya yang nampak berbeda adalah Aplikasi peluncur. Anda geser ke atas dari baki aplikasi di bagian bawah layar untuk mendapatkan peluncur, yang bekerja dengan baik.

google-pixel-03

Kesimpulan

Membuat Ponsel berkelas dunia merupakan tantangan yang sangat besar, bahkan bagi perusahaan sekelas Google yang memiliki sumber daya terbaik dan Google Pixel tampak seperti hasil usaha yang sangat baik. Meskipun bukan ponsel dengan desain terbaik di dunia namun Google Pixel memiliki kelebihan yaitu sangat nyaman digunakan dan mudah digenggam. Yang paling penting untuk sektor kinerja, Google Pixel memiliki keunggulan dalam sektor ini dengan dukungan kamera ponsel terbaik di dunia dengan mengalahkan Samsung dan Apple dibelakangnya, fitur Google Assistant menjadi unggulan karena hanya tersedia untuk ponsel Google Pixel, setidaknya sampai saat ini.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *