Nokia 6 Android

Harga dan Spesifikasi Nokia 6 Android – Masih ingat dengan Merek Nokia? Kini Nokia menghadirkan Nokia 6, ponsel Android pertama Nokia setelah sempat menghilang dari pasar ponsel dunia. Nokia sebelumnya merupakan raja ponsel dunia namun beberapa tahun terakhir Nokia tidak terdengar gaungnya bahkan untuk menghindari kebangkrutan lini produksi hand phone merek Nokia dijual kepada Microsoft.

Nokia 6 Android
Nokia 6 Android

Nokia kembali meramaikan pasar Smartphone dunia dengan mengeluarkan Smartphone Nokia 6 Android. Smartphone Nokia 6 Android menyasar segmen mid-range, dan sepertinya Nokia akan menjual Nokia 6 hanya di negara China dan belum ada informasi apakah akan dijual luas diluar China.

Nokia 6 Android
Nokia 6 Android

Nokia 6 Android dirilis oleh HMD Global dan secara eksklusif hanya tersedia di Tiongkok. Berdasarkan release situs resmi HMD Global dan mengutip Vice President Greater China HMD Global, Nestor Xu, “Pasar China adalah yang terbesar dan paling kompetitif untuk smartphone. Bukan kebetulan kami memilih membawa ponsel Android pertama kami ke China bersama rekanan untuk jangka panjang (Nokia),”

Nokia 6 Spesifikasi
Nokia 6 Spesifikasi

Nokia 6 Android mengusung layar dengan ukuran 5.5 Inci dengan Full HD (1.080 x 1.920) dengan layar dukungan dari Corning Gorilla Glass. Nokia 6 mengusung layar melengkung 2.5D. Prosessor Nokia 6 didukung dari Qualcomm Snapdragon 430 dengan RAM 4 GB dan memori internal 64 GB dengan System Operasi yang sudah support Android Nougat 7.0. Sektor Kamera dilengkapi dengan kamera utama beresolusi 16 MP (belakang) sedangkan kamera depan Nokia memasang 8MP.

Baca juga :  Samsung Galaxy Gear S3 Spesifikasi Dan Rumor

Dikutip dari GSMarena, bocoran Nokia 6 pertama kali diperoleh dari situs China, Weibo. Dalam gambar tersebut diperoleh gambaran mengenai bentuk maupun desain Nokia 6 dari semua sisi. Bahkan terlihat Nokia 6 memakai layar melengkung pada kedua sisinya.

Nokia memasangkan System Operasi Android Nougat 7.0 dan bukannya versi Android Nougat 7.1.1 terbaru pada Nokia 6 namun hal tersebut tidak terlihat terlalu mencolok bila dibandingkan dengan ponsel Google Pixel. Informasi yang beredar tentang Nokia 6 masih berupa gambar sehingga kami belum bisa memberikan ulasan mengenai pengalaman menggunakan Nokia 6 Android.

desain Tampilan Belakang Nokia 6
Tampak Belakang Nokia 6

Kabarnya pihak HMD Global selaku pemegang hak merek Nokia memasang harga Nokia 6 pada kisaran $245 US dan hanya tersedia di China. Bagi yang pernah menggunakan ponsel keluaran Nokia hal ini bisa dikatakan sebagai nostalgia mengenang kejayaan ponsel Nokia yang pernah merajai ponsel dunia.

Harga Nokia 6
Tampak Belakang Nokia 6

Desain Nokia 6

Desain Nokia 6 mengusung desain unibody dengan bahan alumunium dengan tampilan warna hitam membuatnya terkesan elegan dan solid. Unibody Nokia 6 dibangun menggunakan seri 6000 aluminium dan tombol home yang memiliki fitur pemindai sidik jari. Smartphone ini juga mencakup Dolby Atmos tech dan ‘amplifier ganda’ untuk menghasilkan audio suara keras.

Spesifikasi Nokia 6

Desain Tampilan Depan Nokia 6
Desain Tampilan Depan Nokia 6

Kali ini Nokia mempersenjatai Nokia 6 dengan prosessor Qualcomm Snapdragon 430 dengan chipset Octa-Core Cortex-A53, Adreno 505 GPU dengan RAM 4GB dan layar melengkung di kedua sisinya dengan ukuran 5.5 Inci serta menggunakan kaca melengkung 2.5D  dari Corning Gorilla Glass. Nokia 6 mengusung dual sim card dengan dukungan baterai 3.000 mAh non-removable.

Kamera Nokia 6

Nokia 6 menawarkan fitur kamera 16 MP pada lensa kamera belakang dengan PDAF dan cukup terang F / 2.0 lensa. Di bagian depan dipasangkan kamera 8MP dengan aperture yang sama. Dengan memori penyimpanan 64 GB memungkinkan untuk menyimpan memori foto dengan cukup lega. Kekurangan dari kamera Nokia 6 terdapat pada fitur perekaman Video yang hanya support video 1080p @ 30fps.

Harga dan Ketersediaan Nokia 6

Secara eksklusif Nokia memberikan hak untuk menjual pertama kali Nokia 6 di situs jual beli China, JD.com dan mulai dijual pada awal tahun 2017. Nokia 6 dibanderol pada kisaran harga 1.699CNY atau sebesar $245 US, harga yang cukup terjangkau untuk kelas mid-range ponsel. Sayangnya Nokia 6 hanya menargetkan penjualan di Tiongkok saja dan belum ada kabar bahwa negara di luar China bisa memperoleh handset terbaru dari Nokia tersebut.

Baca juga :  Xiaomi Mi NoteBook Air Penantang MacBook Air Apple

Alasan di balik HMD Global hanya menyasar pasar Tiongkok karena terdapat lebih dari 550 juta pengguna smartphone di Tiongkok, jumlah tersebut merupakan dua kali lebih besar dari angka penduduk Amerika serikat. Dengan nilai yang cukup besar tersebut, Nokia 6 berharap dapat memperoleh remah – remah kecil dari kue pangsa ponsel China. Nokia sendiri masih harus bersaing dengan merek lokal yang mulai mendominasi penjualan ponsel di China seperti Oppo, Vivo, Huawei dan Xiaomi yang lebih dulu hadir.

Baca juga :  Amazon Ujicoba Pengiriman Barang Dengan Pesawat Drone

Berdasarkan informasi dari Cnet, hak paten untuk merek Nokia dibeli oleh HMD Global dari Microsoft tahun lalu dalam sebuah kesepakatan senilai $350.000.000,- yang memungkinkan HMD Global menjual Ponsel dan Tablet dengan nama Nokia. Nokia 6 diharapkan menjadi awal kebangkitan ponsel Nokia yang pernah merajai ponsel dunia.

Kunjungi kami kembali di techkhalifa.com untuk info update dan ulasan terbaru harga dan spesifikasi Nokia 6 Android.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *