Google Pixel XL Smartphone Penerus Google Nexus

Google dikabarkan akan mengeluarkan Smartphone terbaru Google Pixel XL pengganti Google Nexus. Kabar tersebut sudah beredar beberapa waktu lalu. Sebelumnya Google mempercayakan pembuatan smartphone Google Nexus kepada pabrikan LG dan Huawei dengan seri Nexus 5X dan Nexus 6P. Kali ini gantian HTC yang kebagian jatah untuk membuat smartphone Google yang diberi nama Google Pixel XL. Sebelumnya Google akan membuat smartphone penerus dari “Nexus” yang memiliki kode nama “Sailfish dan Marlin” tampaknya kabar tersebut berubah dikarenakan Google Pixel akan digunakan untuk nama dari Sailfish sedangkan Google Pixel XL untuk Marlin. Kedepannya Google akan menanggalkan image “Nexus” untuk code name smartphone besutannya di masa yang akan datang.

Google Pixel XL
Google Pixel XL

Informasi yang beredar menyebutkan Google Pixel akan mengusung layar ukuran 5 inci sedangkan saudaranya Google Pixel XL memakai layar 5,5 inci. Dalam hal spesifikasi produk masih belum ada yang berubah berdasarkan data yang diperoleh dari Geekbench kami mendapatkan informasi Ponsel Google Pixel XL akan mengusung RAM 4GB dan dapur pacunya dipercayakan kepada prosesor Qualcomm Snapdragon 820. Geekbench juga mencatatkan Marlin / Google Pixel XL akan mencicipi sistem operasi Android NMR1. Tidak jelas versinya, namun diyakini OS Android NMR1 merupakan Android 7.0 Nougat. Sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa Google selalu memberikan perlakuan istimewa kepada ponsel terbaru Google untuk mencicipi System OS terbaru mereka.

Spesifikasi Google Pixel XL
Spesifikasi Google Pixel XL

Hampir bisa dipastikan perangkat baru Google Pixel dan Pixel XL akan mencicipi System OS Android 7.0 Nougat, dengan demikian maka kedua ponsel tersebut akan menjadi yang pertama pengguna Android Nougat. Google Pixel dan Google Pixel XL kali ini akan diproduksi pabrikan dari Taiwan HTC, sedikit banyak konsep atau desainnya akan terinsipirasi dari ponsel HTC sebelumnya. Hal itu bisa dilihat dari aksen garis melintang pada body ponsel bagian belakang, selain itu bentuk bezel Pixel XL yang membulat juga mengingatkan model HTC One A9s yang hampir pasti diumumkan produsen Taiwan ini di acara IFA 2016 di Berlin, Jerman.

Google Pixel XL Hands On
Google Pixel XL Hands On

Launching Google Pixel dan Google Pixel XL

Disebutkan Google Pixel dan Pixel XL akan diumumkan di Konferensi Google di San Fransisco pada 4 Oktober 2016, besar kemungkinan launching Google Pixel dan Pixel XL akan bersamaan dengan peluncuran Google DayDream VR meskipun masih belum ada konfirmasi dari pihak Google mengenai berita tersebut.

Beberapa pihak mengatakan Google Pixel dan Google Pixel XL merupakan ponsel murni pertama yang dipasarkan oleh Google dengan menumpang pembuatan ponsel tersebut melalui HTC. Hal itu mungkin sedikit benar, mengingat Google yang bertanggung jawab terhadap desain industri dari Google Pixel dan Pixel XL dan Google hanya bermitra dalam proses manufaktur Google Pixel dan Pixel XL.

BACA JUGA

Jadi apakah dengan muncul Pixel dan Pixel XL berarti Google Nexus sudah mati? Kami juga masih belum mengetahui secara jelas mengingat Google sendiri belum ada rencana untuk update Nexus. Kabar terbaru mengatakan Tablet Google yang terbaru juga memakai brand Pixel, tampaknya masa depan dari Google Nexus sendiri pun akan terlihat suram.

Android Nougat
Android Nougat

Spesifikasi Google Pixel dan Pixel XL

Dengan menyandang nama baru Pixel dan bukannya memakai nama lama Nexus, Google kali ini berusaha lepas dari embel-embel “Nexus”. Berdasarkan laporan yang kami peroleh, Google Pixel dan Pixel XL akan dilengkapi dengan fitur pemindai sidik jari, letak fitur finger scanner posisinya masih di sekitar tengah-tengah bodi belakang. Sementara bagian kameranya tampil polos, tanpa semacam bingkai yang sempat muncul di Nexus 6P.

Rumor berita lainnya menyebutkan Kamera Google Pixel XL akan didukung sensor Sony IMX378 dengan sedikit peningkatan dari tahun lalu dengan Sensor kamera 12 MP Sony IMX377 yang terpasang pada ponsel Nexus 6X . Menurut LlabTooFeR, IMX378 akan menggunakan sensor 12 MP, sama seperti IMX377 tahun lalu, tapi sedikit upgrade yang diharapkan, meskipun, kita masih tidak tahu apa yang mungkin terjadi. Google Pixel dan Pixel XL diharapkan akan diresmikan pada konferensi Google tahun ini di San Francisco, pada tanggal 4.

Design

Desain Google Pixel dan Pixel XL diperkirakan akan menggunakan kaca untuk bagian belakang dan memakai frame metal untuk Google Pixel XL sedangkan frame plastik untuk Google Pixel.

Layar :

Layar Google Pixel XL diperkirakan berukuran 5,5 Inci dan resolusi quad HD sedangkan saudaranya Google Pixel memakai layar ukuran 5,2 Inci resolusi full HD.

Hardware:

Baik Google Pixel dan Pixel XL keduanya akan menggunakan Prosessor Qualcomm Snapdragon 820 atau 821 RAM 4GB dan memori internal 32GB. Baterai Google Pixel XL berkapasitas  3,450mAh.

Tanggal Rilis :

Google Pixel XL akan diperkenalkan pada 4 Oktober 2016 pada gelaran Konferensi Google di San Fransisco.

Ponsel Google Pixel dan Google Pixel XL layak untuk ditunggu kehadirannya selain ponsel ini merupakan ponsel pertama Google yang mengusung brand “Pixel” selain itu dengan dukungan penuh dari Google, Pixel dan Pixel XL akan menjadi Ponsel pertama yang menikmati OS Android 7.0 Nougat.

Nah itu tadi sobat techkhalifa.com untuk info singkat mengenai Spesifikasi Google Pixel dan Google Pixel XL Tunggu kehadiran resminya akan kami ulas lebih detail.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *