Aquila, Facebook Drone Pertama dari Raksasa Social Media

Facebook Drone yang bertenaga Surya “Aquila” digadang – gadang untuk bisa menyediakan akses internet gratis bagi daerah-daerah terpencil telah berhasil menyelesaikan uji coba terbang untuk pertama kali. Uji terbang Facebook Drone pertama kali diadakan pada 28 Juni 2016 dikutip dari The Verge, yang berhasil melakukan wawancara dengan CEO Facebook “Mark Zuckerberg” untuk merayakan keberhasilan uji terbang tersebut.

Facebook Drone yang diuji coba
Facebook Drone yang diuji coba

Jay Parikh, Facebook’s global head of engineering and infrastructure menuliskan dalam sebuah blog mengumumkan bahwa ”Kami akhirnya menerbangkan Aquila selama lebih dari 90 menit, tiga kali lebih lama dari yang direncanakan”.

Facebook Drone Aquila menempuh perjalanan 80mil per jam, menghemat energi dan memungkinan untuk tetap berada diangkasa selama beberapa bulan disaat yang bersamaan. memiliki lebar sayap lebih besar dari pesawat Boeing 737. Facebook sudah sejak lama membahas untuk menggunakan drone sebagai bagian dari layanan internet.org yang menyediakan konektivitas untuk bagian dunia yang tidak memiliki akses internet sekitar 60 persen dari populasi global dunia.

Zuckerberg menjelaskan, akses internet merupakan bagian dari hak asasi manusia. “Dalam setiap masyarakat, terdapat layanan dasar tertentu yang begitu penting bagi kesejahteraan rakyat bahwa kita mengharapkan semua orang dapat mengaksesnya secara bebas”

Infographic tentang Aquila disediakan oleh Facebook.
Infographic tentang Aquila disediakan oleh Facebook.

Tetapi pendekatan yang dilakukan oleh facebook dianggap tidak tepat oleh para ahli. Salah satu ide dibalik internet.org adalah untuk menyediakan layanan dasar “Internet Gratis” yaitu layanan yang memungkinkan orang untuk mengkases internet “Berita, Info pekerjaan, kesehatan, pendidikan dan informasi lokal.”

Dalam artikel tentang facebook Drone dari The Verge, ada beberapa pertanyaan yang menarik diantaranya, Siapa yang akan membangun infrastruktur? Siapa yang akan membayar untuk data, Sejauh mana facebook akan menyediakan internet gratis? Namun pertanyaan itu tidak dijawab oleh Zuckerberg.

Adapun mengapa Facebook mungkin peduli tentang mendapatkan lebih banyak orang online adalah “peluang untuk mengubah hidup dan pengalaman untuk semua orang” tentu saja seperti yang sudah diketahui sebelumnya perusahaan telah membuat beberapa miliar dolar setiap kuartal dari iklan online. Dan itu hanya pada 1.09 miliar orang yang saat ini menggunakan facebook setiap hari. Dengan bertambahnya orang untuk mengaksesinternet akan meningkatkan peluang facebook untuk menambah pemasukannya dari pelanggan dari segi iklan, tentu saja.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *