Artem Vaulin Pendiri Situs KickAss Torrents ditangkap FBI

Satu minggu sudah berlalu sejak situs Torrent terbesar  di dunia “Kickass Torrents” ditutup oleh pemerintah federal Amerika Serikat. Penutupan itu  dikabarkan menjadi pukulan telak bagi portal penyedia file berbagi data tersebut. Bagaimana tidak, pemerintah AS melakukan penyitaan terhadap domainnya, mematikan servernya dan seseorang yang diduga pemiliknya, Artem Vaulinditangkap oleh FBI di Polandia.

KickAss-Torrents
Mirror dari kickass Torrents

Penutupan itu tidak berarti menjadi akhir dari Situs Torrents terbesar di dunia tersebut. Hampir dalam semalam puluhan situs mirror Torrents bermunculan, salah satunya adalah situs yang dioperasikan oleh isoHunt –salah satu orang dibalik kebangkitan situs pirates bay yang juga pernah ditutup oleh pemerintah federal amerika.

Sekarang tampaknya ada reaksi yang berkembang sejak munculnya mirror KickAss Torrents (KAT). Korban terakhir adalah situs KAT.am, domain tersebut ditangguhkan oleh AMNIC – pengelola domain negara Armenia yang bertanggung jawab untuk top level domain .am (dot am) karena mendapat laporan dari Motion Picture Association (MPA).

Pihak MPA juga memperingatkan pihak Operator (pemilik domain) dengan ancaman tuntutan hukum.

“This Notice requires you to immediately (within 24 hours) take effective measures to end and prevent further copyright infringement. All opportunities provided by the Website to download, stream or otherwise obtain access to the Entertainment Content should be disabled permanently,”

Walaupun begitu, permintaan dari MPA tersebut tidak bisa berbicara banyak. Berbicara kepadaTorrentFreak, operator tidak berencana untuk mundur. Mereka juga telah membuat situs mirrorbaru yaitu kickass.cd dan kickass.mx yang bertujuan untuk menggalang petisi atas penangkapan Artem Vaulin.

Artem Vaulin dituduh dengan dugaan pelanggaran hak cipta dan  tindakan pencucian uang oleh pengadilan wilayah Cichago, Amerika Serikat. Saat ini Vaulin yang berwarga negara Ukraina tersebut sedang menunggu proses ekstradisi ke Amerika dari Polandia.

Diduga dari pemasangan iklan di situs kickass torrents Vaulin bisa mendapatkan sponsor hingga $17 juta dalam setahun. Dari pemasangan iklan ini, FBI mendapat petunjuk keberadaan Vaulin hingga bisa ditangkap pada 20 Juli 2016 lalu.

KickAssTorrents merupakan situs berbagi data terbesar di dunia, bahkan mengalahkan The Pirate Bay dengan total Uniqe Visitor mencapai 50 juta visitor dalam sebulan.

Keberadaan situs berbagi file ini membuat kerugian bagi pemilik hak cipta kurang lebih hingga $1 miliar.

Salah satu kasus yang mencuat akhir-akhir ini adalah

Penangkapan pendiri megaupload?

Kim DotCom, pendiri MegaUpload dianggap melakukan pelanggaran hak cipta dan kekayaan intelektual senila $ 500 juta serta diduga melakukan praktik pencucian uang. Akhirnya pada 2012 lalu pemerintah otoritas federal AS melakukan penutupan dan penyitaan terhadap megaupload.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *